Ini Dia Resep Dawet Ayu Banjarnegara | +62 822-2119-2277

Baca Juga

resep dawet ayu banjarnegara | +62 822-2119-2277

Resep Dawet Ayu Banjarnegara – Meskipun sudah masuk ke Musim Penghujan namun acap kali bulan bulan seperti sekarang ini memiliki cuaca yang terik pada siang hari. Nah salah satu untuk mengatasi masalah ini maka dapat meminum Dawet Ayu.

Minuman ini memiliki cita rasa yang unik dan tidak jarang menjadi favorit orang orang. Terbuat dari perpaduan santan, gula jawa dan cendol ini memang semakin terkenal dengan adanya jargon Cendol dawet, cendol dawet seger, Cendol cendol dawet dawet, Cendol cendol dawet dawet, Cendol dawet seger piro, lima ngatusan, Terus gak pake ketan, Ji ro lu pat nem pitu wolu... Kebanggaan Sobat Ambyar.

Dawet Ayu yang mana merupakan Kuliner Banjarnegara ini memiliki ciri khas yakni penggunaan pandan asli yang memberi sensasi menghirup pandan asli yang ada di dalam aroma dawet tersebut. Terlebih ada juga tepung beras dan tepung kanji. 

Biasanya untuk sajian ini disajikan dengan gula aren yang memiliki manis yang pas dan tidak bikin enek tentu saja. Kini Dawet Ayu ini sudah dikombinasikan dengan berbagai macam rasa ada yang menambahkan dengan buah durian segar, buah nangka dan yang lainnya. 

Dibalik rasanya yang menyegarkan dan melepaskan dahaga, ternyata membuat dawet ayu ini memiliki rangkaian yang cukup rumit. Kira kira bagaimana caranya? Meskipun setiap orang yang membuatnya memiliki trik khusus namun secara umum pembuatan dawet ayu ini adalah sebagai Berikut.

resep dawet ayu banjarnegara | +62 822-2119-2277

Cara Membuat Dawet Ayu Yang Enak


Bahan pembuatannya antara lain adalah tepung beras, tepung tapioka, air sari daun pandan, air matang, es batu dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk santannya bahan bahannya adalah santan itu sendiri, daun pandan dan garam secukupnya. Untuk larutan gula merahnya beberapa diantaranya adalah gula aren, gula putih dan air untuk bahan pencampurannya.

Untuk langkah langkah pembuatan Dawet Ayu adalah sebagai berikut

  • Campurkan bahan bahan berupa tepung beras, daun pandan, tepung tapioka dan air kemudian aduk hingga merata jika sudah merata maka direbus dengan menggunakan panci diatas kompor hingga mengental.
  • Cetak cendol (adonan yang sebelumnya kita buat) dengan alat pencetak khusus. Kerjakan hingga adonan habis. Siapkan juga beberapa wadah dengan isinya air hangat di bawah cetakan sehingga cetakan dawet bagus dan tidak menggumpal.
resep dawet ayu banjarnegara | +62 822-2119-2277

  • Untuk santannya, biasa dengan merebus santan, daun pandan juga garam hingga mendidih sambil terus diaduk sehingga gambarnya tidak pecah lalu angkat dan dinginkan santan ini sebelum dimasukkan ke dalam airnya.
  • Untuk membuat gula merah caranya adalah dengan merebus air, gula merah dan juga gula putih sampai mendidih dan jangan lupakan untuk mengaduknya jika sudah merata maka Anda bisa mengangkat dan sisihkan.
  • Siapkan gelas saji lalu mulai meraciknya. Pertama tama masukkan cendol yang tadi sudah dibuat diikuti dengan santan dan terakhir adalah gula aren. Anda bisa menggunakan topping yang lainnya seperti duren dan nangka untuk mendapatkan cita rasa yang dimilikinya.
Jika step tadi sudah dilaksanakan maka Dawet Ayu ini siap disantap. Namun prosesnya yang rumit dan ada kecenderungan untuk gagal orang orang lebih memilihnya untuk membeli saja dikarenakan dengan membeli kita akan lebih hemat dalam hal finansial, tenaga dan yang lainnya.

Minuman dawet ini digunakan untuk sajian dalam beberapa acara seperti pada acara Ngapati, Mitoni dan acara acara yang lainnya. Nah Anda ingin memesan dawet ini di tempat rekomended yang sudah pasti harganya murah dan rasanya enak?

Anda bisa memesan kepada RM Sari Gurih yang alamatnya ada di Jl. Jend. Sudirman No.55, Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Banjarnegara (Depan RSUD Banjarnegara). Dijamin rasanya enak dikarenakan itulah yang biasanya customer kami katakan. Harganya juga murah apalagi jika Anda membelinya dalam jumlah yang banyak.

Kami hanya menyediakan dawet ini jika Anda sudah melakukan order terlebih dahulu dengan mengubungi nomor +62 822-2119-2277 via WA/SMS/TELP. Buruan pesan sekarang sebelum Anda kehabisan dikarenakan kami masih memproduksinya dalam jumlah yang sedikit. Untuk harga tentu jangan ditanyakan lagi dikarenakan kami selalu menawarkan harga yang murah meriah untuk anda. Pesan sekarang juga dengan menghubungi nomor di atas ya!

No comments:

Post a Comment

-->

@templatesyard