Catering Murah Banjarnegara | +62 822-2119-2277

Baca Juga

Catering Murah Banjarnegara - Makanan seperti sudah menjadi hal yang tidak boleh dipisahkan dari kehidupan seseorang sehai – hari. Tidak hanya untuk menambah energy, tapi makanan juga memiliki segudang kandungan yang dibutuhkan orang untuk bertahan hidup. Bertahan hidup disini tidak hanya untuk bernafas, tapi juga menjaga kesehatan.

Catering Murah Banjarnegara | +62 822-2119-2277

Namaun tak semua jenis makanan bagus untuk kesehatan, hanya makanan berkadar nutrisi tinggi dan berkalori cukup yang baik untuk kesehatan tubuh. Makanan – makanan seperti ini biasa bisa didapatkan dari masakan rumahan yang diolah dengan rempah buatan sendiri. Sayangnya banyak orang yang tidak tahu tentang bagaimana cara menyiapkan makanan sehat. Berikut beberapa contoh resep masakan tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat baik dan jauh dari bahan kimia berbahaya.

1. Daging Kambing Lada Hitam

Dalam masakan ini jelas bahan utamanya adalah daging kambing muda .yang umurnya cukup. Selain itu juga harus menyeiapkan bahan lain seperti bumbu dapur lengkap ( bawang merah, bawang putih, jahe, merica ), dan bahan lainnya secara cukup.
Sebelum dimasak, terlebih dulu daging kambing direndam dalam air nanas untuk menambah empuk dan menghilangkan bau. Setelah beberapa saat, angkat daging kambing dan masukan kedalam adonan tepung maizena dan garam, tumis bawang putih dan jahe cincang lalu masukan daging kambingnya. Tambahkan bumbu lain yang sudah disiapkan lalu aduk rata jangan lupa tambahkan kecap dan minyak wijen untuk menambah kelezatan. Masak sampai benar – benar matang dan hidangkan.

2. Tongseng

Tongesng merupakan masakan khas Solo yang berbahan dasar daging sapi. Ditambah dengan beberapa bumbu lain yang tidak jauh berbeda dengan cara memasak daging sapi lainnya. Bumbu yang biasanya dipakai adalah bumbu dapur dengan tambahan asam jawa yang khas dengan masamnya. Cara masaknya gampang, seperti biasa daging direndam air nanas dulu untuk membuat dagingnya lembut, tumis bumbuan yang telah disiapkan. Lalu masukkan daging yang telah direndam dalam air nanas. Untuk penambah rasa tambahkan merica bubuk, cabai dan susu rendah lemak dan terakhir tambahkan kecap. Tambahkan pula sayuran hijau seperti kol dan tomat, tunggu hingga layu. Angkat tongseng dan siap dihidangkan.

3. Sate Bumbu ketumbar

Seumumnya sate terdiri dari daging ( baik ayam, kambing, sapi ). Cara memasaknya juga sama dengan menusukan daging dan dibakar. Bedanya dengan sate bumbu ketumbar adalah daging yang terlebih dahulu direndam dalam racikan bumbu ketumbar yeng terbuat dari ketumbar bubuk, bumbu dapur halus, minyak dan asam jawa. Setelah didiamkan beberapa saat, tusuk daging menggunakan tusuk sate dan siap dibakar. Selama proses pembakaran olesi kembali dengan bumbu yang telah dibuat rendaman tadi. Masak hingga matang merata dan siap sajikan.

4. Ayam betutu

Bahan utamanya dari daging ayam baik kampung maupun ayam potong biasa. Yang digunakan adalah ayam satu potong penuh yang sudah dibersihkan. Masakan ayam betutu menjafi khas dengan tambahan sayur daun singkong yang diolah bersamaan dengan daging ayam. Seperti biasa, bumbunya dari rempah – rempah lokal, dengan tambahan kecap dan kaldu. Cara membuatnya pertama dengan melumuri daging ayam dengan garam dan jeruk nipis. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dan masukan daun singkong yang sudah direbus lalu ditumis bersama. Masukan daun singkong yang telah ditumis dengan bumbu, juga lumuri sisa bumbu diluaran daging ayam. Untuk selanjutnya goreng ayam yang sudah enuh bumbu. Masak sampai berwarna kecoklatan atau matang luar dalam dan angkat lalu sajikan.

5. Ayam geprek

Ayam geprek seakan sedang naik daun akhir – akhir ini, kulinre yang awalnya dikenalkan dari daerah Jogjakarta. Ini mulai menasional. Sebenarnya pembuatan ayam geprek ini tidaklah sulit. Siapkan daging ayam, tepung, bumbu kentuky, bawang putih dan cabe secukupnya. Pertama masukan daging ayam kedalam adonan tepung dengan bumbu yang telah disiapkan kemudian goreng daging yang sudah terlumuri tepung tersebut. Tunggu sampai berubah wana menjadi kecoklatan baru diangkat. Haluskan bawang putih dan cabe dengan tambahan garam dan sedikit minyak goreng. Setelah bumbu halus geprek ayam goreng tepung tadi bersamaan dengan bumbu yang disiapkan. Bolak – balik agar bumbu merata dan setelah selesai ayam geprek siap dihidangkan.

6. Sayur asam

Selain memiliki jenis kuliner dari segi daging – dagingan, Indonesia juga memiliki kuliner dari jenis sayuran. Mulai dari sayur asam. Makanan mirip sop dengan rasa khas asamnya ini seakan sudah menjadi primadona dalam menu makanan sehari – hari. Disajikan bersama dengan ikan asin goreng dan sambal membuatnya tambah menggiurkan. Bisa dibilang cara pembuatannya idak jauh berbeda dengan pembuatan sop seperti biasanya, hanya saja ada tambahan asam jawa yang membuat rasanya menjadi sedikit asam. Isisna sayur asam juga sanagt banyak, mualai dari sayuran hijau seperti daun melinjo, labu siam, kubis sampai kacang – kacangan seperti kacang panjang dan kacang tanah, ada juga jagung manis yang dipotong dengan dimasak masih dengan pangkalnya. Cara memasaknya dengan cara memasukan semua sayuran kedalam air degan ukuran sesuai selera dengan tambahan bumbu sop biasa dan yang terakhir tambahkan dengan asam jawa lalu tunggu hingga mendidih dan siap dihidangkan.

7. Tumis kangkung tauco

Masakan ini sungguh tidak asing lagi bagi orang Indonesia, seakan masakan ini sudah dijadikan menu wajib dalam hidangan sehari – hari. Namun memasak sayur kangkung tidak semudah yang dibayangkan karena apabila kangkung dimasak terlalu matang akan merubah warnanya menjadi kecoklatan dan mengurangi kandungan dalam kangsung itu sendiri. Memasak tumis kangkung cukup beberapa menit. Caranay sama dengan menumis sayur lainnya yaitu menyiapakan bumbu tumis berupa bumbu putih halus lalu ditumis sebentar, setelah bumbu terlihat berubah warna maka masukan sayur kangkung aduk sampai bumbu merata untuk memudahkan bisa tambahkan sedikit air. Setelah merata tambahkan tauco untuk menambah rasa. Aduk sampai merata dan kecilkan kompor. Saat iniah yang harus siperhatikan, karena jika api terlalu besar kama akan membuat kangkung berubah warna dan apabila terlalu lama maka kangkung akan menjadi coklat. Sekiranya sudah mendidih maka matikan kompor dan diamkan sebentar dengan wajan tertutup. Baru setelah 1- 2 menit angkat kangkung dan siap dihidangkan.

Catering Murah Banjarnegara | +62 822-2119-2277

Ada banyak sekali masakan Indonesia yang tidak mengandung banyak bahan berebahaya karena terbuat dari rempah – rempah alami dan bahan segar dari sekitar. Untuk itu lebih baiknya kita memasak makanan sehari – hari dengan resep tersebut. Ada juga tempat makan yang menyajikan menu berdasarkan dari beberapa resep tersebut. Yaitu Catering Murah Banjarnegara. Untuk informasi dan pemesanan hubungi nomor +62

No comments:

Post a Comment

-->

@templatesyard